Sunday 15 September 2019

Siapa malaikat yang meniup sangkakala ketika hari kiamat?

Salah satu rukun iman adalah percaya terhadap hari akhir atau hari berbangkit, dimana hari akhir ini ditandai dengan ditupnya sangkakala untuk pertama kalinya. Dan malaikat yang bertugas meniup sangkakala ini adalah malaikat Israfil.

Malaikat israfil selalu stand by untuk meniup sangkakala ini, tinggal menunggu perintah dari Allah SWT untuk meniup terompet sangkakala ini.

Dilansir dari berbagai sumber, malaikat Israfil akan meniup sangkakala sejumlah 3 kali. Tiupan pertama akan menghancurkan alam semesta dan mematikan manusia, tiupan kedua akan mematikan malaikan dan tiupan yang ketiga akan membangkitkan manusia dan mengumpulkannya ke padang mahsyar.

Baca juga : Nama-nama lain hari kiamat

Dalil tentang ditupnya sangkakala ini ada dalam Al-Qur'an yaitu : 
...dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). (Az-Zumar 39:68).
 Jadi sudah tahu kan sekarang siapa malaikat yang meniup sangkakala? Agar tambah ilmunya, yuk baca artikel tentang pengertian iman kepada hari akhir yang pernah saya tulis sebelumnya.

No comments:

Post a Comment